Berita

Informasi Kabupaten Batang Hari Terkini!

Rakor PPID dan Apresiasi Kinerja PPID OPD melalui Penganugerahan PPID Award Kabupaten Batang Hari Tahun 2019

Rakor PPID dan Apresiasi Kinerja PPID OPD melalui Penganugerahan PPID Award Kabupaten Batang Hari Tahun 2019

Muara Bulian- Bertempat di Aula Kantor Bupati Batang Hari, padaKamis 11 April 2019, telah dilaksanakan Rapat Koordinasi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dan Apresiasi Kinerja PPID OPD melalui Penganugerahan PPID Award Kabupaten Batang Hari Tahun 2019.

Hadir pada acara tersebut Bupati Batang Hari, yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Setda Batang Hari, Fakhrizal,SH,MH, Ketua Komisi Informasi Provinsi Jambi, Kepala Diskominfo Batang Hari, Sehan,SE, M.SI, Para Kepala OPD, Para Camat, Kabag, Para Peserta Rakor dan para tamu undangan lainnya.

Bupati Batang Hari dalam sambutannya menyatakan cukup bangga dengan kinerja sebagian besar PPID di Lingkungan Kabupaten Batang Hari yang telah menerapkan prinsip kerja Efektif dan Simpatik. “Efektif dalam bekerja dan simpatik dalam pelayanan.  Penerapan Keterbukaan Informasi Publik mengedepankan bahwa PPID harus menampung dan memproses semua permohonan informasi dengan cepat, tepat, dan aman sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku sehingga masyarakat dapat terpenuhi kebutuhannya untuk memperoleh informasi. Tantangan berupa keterbukaan dan Ketersediaan Informasi Publik di era saat ini, saya mendukung adanya Evaluasi Kinerja PPID, yang salah satunya dilaksanakan dalam bentuk Penganugerahan PPID Awards. Evaluasi ini sangat penting, karena dari hasil Evaluasi inilah nantinya akan didapatkan data dan fakta oleh Tim Penilai sejauh mana tingkat pelayanan informasi publik di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Batang Hari,” ungkap Bupati.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika,Sehan,SE,M.Si dalam Laporannya menyampaikan, adapun tujuan kegiatan Pembinaan PPID diantaranya Mewujudkan Implementasi Undang-undang Keterbukaan Informasi Publik, meningkatkan intensitas Komunikasi PPID melalui Rapat Koordinasi PPID, meningkatkan motivasi PPID dengan Penganugerahan PPID Awards, memberikan pemahaman secara Komprehensif tentang standar pelayanan PPID di Pemerintah Daerah dan meningkatkan pelayanan Informasi Publik di Lingkungan OPD.

Para Narasumber Rapat Koordinasi antara lain Amrizal SE,M.Si selaku Sekretaris Komisi Informasi Provinsi Jambi dengan Materi Standar Pelayanan Ideal PPID pada OPD
dan Hariyanto selaku Komisioner pada Komisi Informasi Provinsi Jambi dengan materi Peran Komisi Informasi dalam Penguatan PPID ditinjau dari Aspek Hukum.

 

Pada Rapat Koordinasi sekaligus dilaksanakan Penganugerahan PPID Awards yang terdiri atas 5 Kategoridengan Kriteria untuk tiap kategori Award antara lain:

Kategori Penyampaian Daftar Informasi Publik Terbaik, dengan kriteria telah menyampaikan Daftar Informasi Publik kepada Dinas Kominfo Kabupaten Batang Hari dalam rentang waktu Februari 2018 s.d. Maret 2019, Menyampaikan Daftar Informasi yang bersifat menyeluruh dan representatif sesuai dengan sektor, tugas pokok, dan fungsi Organisasi Perangkat Daerah yang bersangkutan, Daftar Informasi Publik yang disampaikan sesuai dengan format yang disepakati pada Rapat Koordinasi PPID Tahun 2018 dan FKPPID.

Kategori Penyampaian Informasi Publik Terbaik dalam Bentuk Ringkasan Peraturan Bupati, dengan kriteria memuat Nama, Nomor, dan Tahun Peraturan Bupati yang digagas oleh Organisasi Perangkat Daerah ybs; memuat daftar dokumen pendukung seperti Naskah Akademis, atau pertimbangan yang mendasari terbitnya peraturan, keputusan, atau kebijakan tersebut; memuat masukan-masukan dari berbagai pihak atas peraturan, keputusan atau kebijakan tersebut; memuat poin penting risalah rapat dari proses pembentukan peraturan, keputusan, atau kebijakan tersebut; memuat tahapan perumusan peraturan, keputusan, atau kebijakan tersebut; memuat Peraturan/Keputusan/Kebijakan Penunjang; dan memuat Informasi penunjang yang wajib disediakan dan diumumkan secara berkala.

Kategori Terbaik dalam Pengisian Instrumen Ketersediaan Informasi Publik, dengan Kriteria mengisi Instrumen Ketersediaan Informasi Publik yang didistribusikan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Batang Hari; dan menyertakan Lampiran bukti untuk ketersediaan tiap butir pada instrumen.

Kategori Terbaik dalam Penyampaian Usulan Informasi yang Dikecualikan untuk Dilakukan Uji Konsekuensi, dengan kriteria menyampaikan Dokumen Usulan Informasi yang Dikecualikan pada Organisasinya sesuai dengan Instrumen Uji Konsekuensi yang disampaikan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika pada FKPPID tanggal 21 Desember 2018; menyampaikan alasan lengkap dan faktor pendukung usulan informasi yang dikecualikan.

Kategori Kecamatan dengan PPID Terbaik, dengan kriteria menghadiri Rapat Koordinasi PPID; berpartisipasi aktif dalam FKPPID; menyampaikan Daftar Informasi Publik kepada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Batang Hari; mengisi Instrumen Ketersediaan Informasi Publik; dan menyampaikan Usulan Informasi yang dikecualikan.

Adapun Kategori PPID Awards Kabupaten Batang Hari Tahun 2019 antara lain :

1.   Kategori Penyampaian Daftar Informasi Publik terbaik

2. Kategori Penyampaian Informasi Publik Terbaik dalam bentuk ringkasan Peraturan Bupati

3.   Kategori Terbaik dalam Pengisian Instrumen Ketersediaan Informasi Publik

4.   Kategori Terbaik dalam Penyampaian Usulan Informasi yang dikecualikan untuk dilakukan uji konsekuensi

5.   Kecamatan dengan PPID Terbaik

Juara PPID Awards masing-masing Kategori :

1. Kategori Penyampaian Daftar Informasi Publik terbaik:Juara l : PPID Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura;Juara II : PPID Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi;Juara III : PPID Dinas Perkebunan dan Peternakan;Juara Harapan I : PPID Dinas Koperasi, UKM, dan Perindag;Juara Harapan II : PPID Bappeda; Juara Harapan III : PPID Balitbangda.

2. Kategori Penyampaian Informasi Publik Terbaik dalam bentuk ringkasan Peraturan Bupati: Juara l: PPID Dinas Kominfo;Juara II: Bagian Organisasi Setda, Juara III:PPID DPMPTSP;Juara Harapan I: Bagian Hukum Setda Batang Hari;Juara Harapan II: PPID RSUD Hamba; Juara Harapan III : Bagian Layanan Pengadaan Setda Batang Hari.

3. Kategori Terbaik dalam Pengisian Instrumen Ketersediaan Informasi Publik:Juara l: PPID Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah;Juara II : PPIDBKPSDMD;Juara III : PPID DPPKBP3A;Juara Harapan I : PPID Dinas P dan K;
Juara Harapan II : PPID BPBD; Juara Harapan III : PPID Dinas Perhubungan.

4. Kategori Terbaik dalam Penyampaian Usulan Informasi yang dikecualikan untuk dilakukan uji konsekuensiJuara I: PPID Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura;
Juara II: PPID Dinas Kominfo;Juara III: PPID Kantor Camat Muara Tembesi.

5. Kecamatan dengan PPID Terbaik: Juara I : PPID Kantor Camat Muara Tembesi;Juara II : PPID Kantor Camat Bajubang;Juara III : PPID Kantor Camat Maro Sebo Ilir.

 

“Para Pemenang PPID Awards Kabupaten Batang Hari ini ditetapkan berdasarkan Keputusan PPID Utama Kabupaten Batang Hari Nomor 15 Tahun 2019 tentang HASIL PENILAIAN TERHADAP PPID PEMBANTU PADA ORGANISASI PERANGKAT DAERAH DALAM LINGKUNGAN KABUPATEN BATANG HARI (PPID AWARDS 2019)”, ungkap Bunga Mardhotillah, S.Si, M.Stat (Kasi Pengelola Opini dan Aspirasi publik) selaku Seksi Acara.

Selanjutnya Raden Sulaiman, SE selaku kabid IKP Dinas Kominfo Kabupaten Batang Hari menambahkan “Penganugerahan PPID Award ini memang telah banyak dilaksanakan di Kabupaten/Kota di Daerah lain, terutama di Pulau Jawa, namun untuk di Provinsi Jambi, PPID Awards Kabupaten Batang Hari Tahun 2019 ini merupakan Ajang Penghargaan untuk PPID yang pertama kalinya diselenggarakan, Kab/Kota lain di Provinsi Jambi belum pernah mengadakan Ajang Award PPID ini, bahkan Komisi Informasi Provinsi Jambi pun baru akan mengadakan Awards di tahun ini,” Ungkapnya.

 

Berbagi ke Jejaring Sosial:

RAPAT KERJA PPID BERLANGSUNG KHIDMAT

RAPAT KERJA PPID BERLANGSUNG KHIDMAT.. Selengkapnya


Rakor PPID dan Apresiasi Kinerja PPID OPD melalui Penganugerahan PPID Award Kabupaten Batang Hari Tahun 2019

Rakor PPID dan Apresiasi Kinerja PPID OPD melalui Penganugerahan PPID Award Kabupaten Batang Hari Tahun 2019.. Selengkapnya


FKPPID Bahas Rancangan Peraturan Bupati tentang Pengelolaan Informasi Publik

Muara Bulian (Diskominfo), Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Batang Hari, Sehan SE, M.Si memimpin jalannya FKPPID.. Selengkapnya


Semua OPD Diminta Berikan Informasi ke Dinas Kominfo

Muara Bulian – JambiOne.. Selengkapnya


BUPATI BATANG HARI BUKA PEMBEKALAN PENGANTAR TUGAS OPD

Muara Bulian – PPID.. Selengkapnya


Bupati Batanghari Hadiri Upacara HUT Pol PP Provinsi Jambi ke-67

SUNGAIPENUH – Bupati Batanghari, Ir.H.Syahirsyah,Sy turut menghadiri Upacara Peringatan HUT Pol PP Provi.. Selengkapnya


BUPATI BATANGHARI HADIRI PENYULUHAN PRONA DAN SOSIALISASI SKB 3 MENTERI

Muara Bulian - PPID.. Selengkapnya


TABLIQH AKBAR PEMKAB BATANGHARI BERSAMA USTADZ H. INAYATULLAH,S.PdI

Muara Bulian – PPID.. Selengkapnya


Bupati Sampaikan LKPJ dan LKPD TA 2016 Pada Paripurna DPRD

MUARABULIAN,DISKOMINFO Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Batanghari dalam rangka pembahasan Laporan Keterangan P.. Selengkapnya


Kapolres Batanghari Pimpin Upacara Hari Kartini ke-138

MUARABULIAN - Diskominfo.. Selengkapnya


Lihat Berita Lainnya